Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Kediri menghimbau kepada warga NU Kota Kediri untuk senantiasa menjaga kesehatan, Mematuhi Intruksi, himbauan, dan protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Social distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama serta Memperbanyak doa dan amaliyah sebagaimana intruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera


Breaking News
Home / Warta Sosial / LEMBAGA FALAKIYAH PCNU KOTA KEDIRI GELAR SIMULASI PENENTUAN ARAH KIBLAT

LEMBAGA FALAKIYAH PCNU KOTA KEDIRI GELAR SIMULASI PENENTUAN ARAH KIBLAT

Bertempat di Masjid Di Masjid Al-Ikhlas Ranting Nahdlatul Ulama Balekambang, Lembaga Falakiyah PCNU Kota kediri menggelar simulasi penentuan arah kiblat (Ahad, 04/10). Sebagai peserta pada kegiatan tersebut Pengurus Ranting, MWC dan Ta’mir Masjid Nadzir badan hukum NU se-Kecamatan Pesantren.

Shofiyulloh Ulin Nuha Sekretaris Lembaga Falakiyah PCNU Kota Kediri menjelaskan bahwasannya kegiatan ini merupakan salah satu program dari Lembaga Falakiyah yang berawal dari melihat fenomena di beberapa masjid dan musholla saat jamaah sholat terkadang para ma’mum memiringkan/mengkiblatkan sajadahnya tetapi mereka tidak mengetahui posisi dari masjid atau musholla tersebut telah mengarah kiblat atau belum. “Terkadang sajadahnya dimiringkan mengarah kiblat, padahal masjidnya sudah mengarah kiblat, bila sajadahnya miring lagi, khawatir sholatnya menjadi tidak mengarah kiblat” tutur Ulinnuha.

Ketua PCNU Kota Kediri H. Abu Bakar menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap kegiatan tersebut tidak hanya digelar di MWC Pesantren tetapi juga di MWC Kota dan Mojoroto dan berharap pada simulasi tersebut tidak hanya terkait penentuan arah kiblat saja tapi bisa ditambah dengan penjelasan tentang materi amaliyah-amaliyah Nahdlatul Ulama yang dijalankan di masjid dan musholla “Kita sudah melabeli masjid musholla nadzir badan hukum NU dengan papan nama, hari ini kita labeli lagi dengan sertifikat pengukuran arah kiblat, selanjutnya kedepan masjid musholla kita labeli dengan amaliyah Nahdlatul Ulama” kata Gus Ab (panggilah akrab H. Abu Bakar)

Selanjutnya, simulasi penentuan arah kiblat direncanakan akan dilaksanakan kembali di MWC Kota pada tanggal 11 Oktober dan MWC Mojoroto pada tanggal 18 Oktober dan 1 Nopember. Lembaga Falakiyah PCNU Kota Kediri juga berharap bagi masjid dan musholla yang ingin melaksanakan pengukuran arah kiblat untuk menghubungi Lembaga Falakiyah untuk selanjutnya di laksanakan pengukuran arah kiblat di masjid atau musholla tersebut.

About TIM Publikasi

Check Also

PCNU Kota Kediri gelar Apel Hari Santri 2020 di Ponpes Al Amin

Kediri – PCNU Kota Kediri menggelar Apel dalam rangka memperingati Hari Santri tahun 2020 mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *