Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Kediri menghimbau kepada warga NU Kota Kediri untuk senantiasa menjaga kesehatan, Mematuhi Intruksi, himbauan, dan protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Social distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama serta Memperbanyak doa dan amaliyah sebagaimana intruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera


Breaking News
Home / Warta Sosial / MWC KERJASAMA DENGAN HIMASAL KEC. MOJOROTO ADAKAN LAILATUL IJTIMA’ & BAHTSUL MASAIL

MWC KERJASAMA DENGAN HIMASAL KEC. MOJOROTO ADAKAN LAILATUL IJTIMA’ & BAHTSUL MASAIL

WhatsApp Image 2016-08-10 at 21.54.00

Majlis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kec. Mojoroto bekerjasama dengan Piminan Anak Cabang (PAC) Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) Kec. Mojoroto Kota Kediri mengadakan Lailatul Ijtima dan bahtsul Masail di Musholla Kedungsentul Kel. Bujel Kec. Mojoroto Rabu (10/8) kemaren.

Dalam sambutannya, rois syuriyah MWC NU Kec. Mojoroto KH. Zaenal Hamami menyampaikan bahwa Kegiatan tersebut merupakan ajang silaturrahim dan tholabul ilmi antara pengurus MWC dengan Himasal Kec. Mojoroto Kota Kediri. Ide kerjasama itu muncul karena sebagian besar pengurus MWC NU Kec. Mojoroto juga alumni Pondok Pesantren Lirboyo. selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Lirboyo itu gudangnya ilmu, sedangkan kita pengurus NU itu pelaksana organisasi dan jujugan wong tekok (tempat orang bertanya) terutama kaitannya dengan agama. untuk itu acara ini sangat penting menambah wawasan kita dalam ilmu agama.

WhatsApp Image 2016-08-10 at 21.09.34

Perwakilan dari Himasal KH. Sihabuddin pengasuh Pon. pes. Al-Alawi Banjar Mlati Kediri memberikan ijazah do’a kitab Dalailul Khoirot sedangkan K. Masduki pengurus Himasal Mojoroto meyampaikan bahwa ilmunya santri itu bisa manfaat kalau mentaati aturan pondok. hal itu disampaikan karena sekarang banyak santri yang niatannya bmondok bukan untuk menuntut ilmu tapi hanya pindah turu (pindah tidur) sehingga ilmunya kurang manfaat. Disamping itu K. Masduki juga menyampaiakn supaya kita memperbanyak membaca sholawat dan saat membaca sholawat harus dengan adab yang baik sebab saat ini banyak orang membaca sholawat yang kurang beradab atau terkesan untuk guyonan.

Dari perwakilan Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo hadir KH. A. Kafabihi Mahrus pengasuh Pon. Pes. HM. Lirboyo. dalam tausiyahnya, KH. Kafabihi Mahrus menyampaikan beberapa hal penting dan mendasar yaitu Dalam kehidupan ini Kita harus bertakwa dg sebenarnya dan semampu kita biar diberi jln keluar dlm kesulitan, Biar dpt Rizqi yg tak terduga. Selain itu juga kita sebagai orang tua diharapkan untuk memondokkan anak sebab dengan mondok, anak bisa membahagiakan orang tua dunia dan akhirat. diakhir tausiahnya KH. Kafabihi Mahrus berucap “Santri iku rabi disek trus kerjo, dudu kerjo disek baru rabi” (santri itu nikah dulu baru mencari kerja bukan mencari kerja dulu baru menikah) sesuai ayat : biar dg nikah lalu di beri kekayaan. Ungkapan itu langsung disambut tepuk tangan dan ungkapan persetujuan dari semuanya.

KH. Kafabihi Mahrus  juga mengutip dari KItabnya Imam Ghozali bahwa Rizkinya Ulama itu dititipkan orang/manusia jadi semakin banyak santri maka semakin banyak rizqi. Rizqi yang dimaksud bukan rizki dalam bentuk materi tapi ilmu dari ulama bisa lebih manfaat serta barokah. Bahkan Santri juga bisa dikatakan sebagai  Dzuriyah (Keluarga) sebab di pondok pesantren yang dikatakan sebagai Dzuriyah ada dua yaitu Dzuriyah Bin Nasab ( anak cucu dll) dan Dzuriyah bis Sabab ( murid dan guru ).

Acara yang berakhir pukul 23.00 WIB tersebut ditutup dengan doa oleh KH. Kholil Asy’ari Mustasyar MWC NU Kec. Mojoroto dan semua yang hadir berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan. wah

About admin

Check Also

Kapolres Kediri Kota Apresiasi Santri Lirboyo Terapkan Protokol Kesehatan

Kapolres Kediri Kota AKBP. Miko Indrayana, SIK mengapresiasi kedisiplinan santri Pondok pesantren Lirboyo dalam menerapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *