Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Kediri menghimbau kepada warga NU Kota Kediri untuk senantiasa menjaga kesehatan, Mematuhi Intruksi, himbauan, dan protokol yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk tidak keluar rumah dan jaga jarak aman (Social distancing) agar tercapai kemaslahatan bersama serta Memperbanyak doa dan amaliyah sebagaimana intruksi PBNU serta memohon pertolongan kepada Allah SWT semoga pandemi Covid-19 bisa diatasi dengan segera


Breaking News
Home / Warta Sosial / Kisah Inspiratif : Yang Istimewa, Yang Berbahaya

Kisah Inspiratif : Yang Istimewa, Yang Berbahaya

Yang Istimewa, Yang Berbahaya

hati-dan-lidah

Khalid ar-Ruba’i berkisah; Luqman al-Hakim adalah seorang budak berkebangsaan Habasyah.

Suatu ketika, sang majikan menyuruh Luqman menyembelih seekor kambing, seraya berkata; ”Tunjukkan padaku, dua bagian yang paling baik dari kambing ini!”

Luqman segera mematuhi perintah sang majikan lalu menyerahkan dua bagian dari kambing tersebut, yaitu lidah dan hati.

Pada kesempatan yang lain, sang majikan kembali menyuruh Luqman menyembelih kambing sembari berkata; ”Tunjukkan padaku dua bagian yang paling buruk dari kambing ini!”

Setelah menyembelihnya, Luqman lantas menyerahkan dua bagian yang paling buruk dari kambing tersebut.

Apa yang terjadi?

Sang majikan merasa terheran-heran karena dua bagian yang ditunjukkan Luqman kali ini tidak berbeda dengan sebelumnya, lidah dan hati. Ia lantas bertanya mengenai hal itu.

Untuk mengurai tanda tanya sang majikan, Luqman mencoba menjelaskan: ”Tak ada sesuatu yang lebih baik dari hati dan lidah jika keduanya baik. Begitu pula, tak ada yang lebih buruk dari hati dan lidah jika keduanya buruk.”

 

Catatan: Luqman al-Hakim adalah seorang ahli hikmah yang hidup pada masa nabi Dawud As. Ia begitu fenomenal, hingga namanya diabadikan oleh Allah Swt dalam kitab suci al-Qur`an sebagai nama surat yang ke-31.

 

Disarikan dari : Luqman al-Hakim wa Hikmatihi, karya al-Habib Ali ibn Hasan ibn Abdillah al-Athas.

  • Dikutip dari Buletin Aswaja NU Edisi 1

About admin

Check Also

Gus Ab resmikan Mushola wakaf milik Mbah Soetomo

Kediri – Gus Ab, panggilan akrab H. Abu Bakar Abdul Jalil Ketua PCNU Kota Kediri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *