Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf lahir dan Bathin.


Breaking News
Home / PROFIL

PROFIL

Nahdatul Ulama adalah organisasi sosisal kemasyarakatan dan keagamaan yang secara material kalkulatif tidak berorientasi pada profit tetapi cenderung melayani masyarakat (public service), sejarah perjalanan NU di daerah seperti di Kota Kediri ini telah banyak menunjukkan pada kita tentang kebenaran dan kenyataan kondisi itu. Sehingga Nu akan menjadi menarik jika bersamaan denan budaya lokal, sehingga secara otomatis akan membuat orang tertarik.

Sejarah PCNU Kediri berdiri pada tahun 1927  yang dilantik langsung oleh Hadratus syekh Hasyim As’ari di Madrasah Masjid Agung Kota Kediri, Barat Alun-alun Kota Kediri. Pada masa itu PCNU Kediri masih dalam satu wilayah, kemudian secara administratif yang terbagi dalam dua wilayah yaitu Kota dan Kabupaten Kediri, sehingga PCNU juga ikut terpisah, ada PCNU Kabupaten Kediri dan PCNU Kota Kediri. Pada tahun 1985 dan ketika NU Kembali ke Khitah Rois Syuriah  KH. Mansur Adnan dan Ketua Tanfidhiyah KH Anwar Iskandar  dan pada masa ini PCNU hanya mempunyai lembaga dan lajnah hanya 4 yaitu LP Ma’arif, Makbarot dan ada 2 lainnya. Pada masa khidmah 2016–2021 ini, kepemimpinan organisasi adalah  Syuriah Oleh KH Abdul Hamid Abdul Qodir dan Tanfidiyah H. Abu Bakar Abdul Jalil, kepengurusan ini merupakan amanah nahdliyah dan merupakan tindak lanjut program-program dari kepengurusan periode yang lalu dan ditambah dengan program-program yang baru sesuai kebutuhan organisasi. Dengan adanya kegiatan nasional ataupun lokal terkadang secara langsung atau tidak langsung menyentuh ke wilayah aktifitas kegiatan yang menjadi obyek kegiatan NU. Hal ini harus difahami karena NU adalah organisasi yang mempunyai massa besar memiliki ribuan warga di Kota Kediri. Kondisi semacam ini pada hakekatnya dapat menghantarkan PCNU Kota Kediri tetap solid dan cukup eksis ditengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat di Wilayah Kota Kediri.

Dalam melaksanakan kegiatan organisasi di masyarakat PCNU Kota Kediri mempunyai Visi PERIODE 2016 – 2021 mengusung visi “MENGAWAL TRADISI MENUJU ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIEN” yaitu dan juga mempunyai Misi yaitu menyelenggarakan pendidikan agama melalui berbagai media, Mengembangkan perekonomian berbasis usaha kreatif mandiri, Pengembangan dan penguatan Islam Ahli Sunnah Wal Jamaah Annahdhiyah. Memahamkan orang-orang NU akan visi dan misi juga bukan pekerjaan yang mudah. Hal ini memerlukan ketekunan, keseriusan dan sumber daya manusia yang memadai.