Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri mengucapkan Selamat Idul Fitri 1438 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf lahir dan Bathin.


Home / Berita Terkini / SIAPKAN KADER PENANGGULANGAN BENCANA, NU KOTA KEDIRI GANDENG BPBD

SIAPKAN KADER PENANGGULANGAN BENCANA, NU KOTA KEDIRI GANDENG BPBD

(Ketua PCNU Kota Kediri memberikan arahan kepada peserta Pelatihan)

Kotakediri: Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri menyelenggarakan Pelatihan Penyebaran Informasi Potensi Kebencanaan di Kota Kediri pada Rabu (9/8) di Pon. Pes. Salafiyyah Bandar Kidul Kota Kediri. Hadir dalam acara tersebut Ketua PCNU Kota Kediri, H. Abu Bakar didampingi bendahara H. M. Rois dan Ketua LPBI NU Adi Sutrisno serta BPBD Kota Kediri Syamsul Bahri.

Dalam sambutan pembukaannya, Syamsul Bahri menyampaikan ucapan terimakasih kepada PCNU Kota Kediri beserta badan otonomnya yaitu Ansor, Banser, IPNU, IPPNU serta perwakilan dari MWC dan Ranting NU se-Kota Kediri dan berharap dengan pelatihan ini akan terbentuk kader-kader tanggap bencana di lingkup NU. “BPBD tanpa bantuan dari masyarakat tidak akan mungkin bisa mengatasi dan menaggulangi bencana, untuk itu peran Nahdlatul Ulama terutama Banser, Ansor dan lainnya sangat dibutuhkan untuk membantu BPBD dalam melaksanakan tugas-tugannya” kata Syamsul Bahri.

Senada dengan hal tersebut, Ketua PCNU Kota Kediri saat member arahan juga menyampaikan bahwa NU harus siap di semua kondisi dan selalu bersinergi dengan pemerintah. Terkait dengan penanggulangan bencana maka NU  melalui lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama Kota Kediri harus selalu berkoordinasi dan saling memberikan informasi, sehingga NU dapat berperan aktif dalam penaggulangan bencana. “Kita siapkan Banser, Ansor, IPNU, IPPNU dan LPBI NU untuk menjadi kader-kader tanggap bencana dan siap untuk membantu BPBD Kota Kediri. dan tidak kalah pentingnya , Kita (PCNU Kota Kediri) juga menyiapkan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) untuk juga menjadi kader tanggap bencana yang siap membantu dalam pelayanan kesehatannya” ungkap Gus Ab.

(Kader tanggap bencana PCNU Kota Kediri)

Kegiatan pelatihan Pelatihan Penyebaran Informasi Potensi Kebencanaan diisi dengan materi tentang tanggap bencana dan praktek penanggulangan bencana terutama kebakaran  dan banjir. Simulasi pemadaman kebakaran telah dilaksanakan,adapun simulasi penanggulangan bencana banjir akan dilaksanakan satu minggu kedepan di area sungai brantas. yud

About admin

Check Also

NU KOTA KEDIRI SIAPKAN AKSI TOLAK FDS

Kota Kediri: Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama mempersiapkan aksi penolakan penerapan Permendikbud No. 23 Tahun 2017 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *