Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf lahir dan Bathin.


Breaking News
Home / Berita Terkini / AUDISI LOMBA HARI SANTRI SE-MATARAMAN DI KOTA KEDIRI

AUDISI LOMBA HARI SANTRI SE-MATARAMAN DI KOTA KEDIRI

img_1651

nukotakediri.or.id  PCNU Kota Kediri mengikuti Rakor persiapan peringatan Hari Santri Nusantara di Kantor PWNU Jawa Timur kemaren (15/9).

Dimulai pukul 14.00 Rakor yang dipimpin langsung oleh Sekretaris PWNU Akh. Muzakki, M.Ag., Gred. Dip. SEA., M.Phil., Ph.D. dan ketua PWNU Jatim KH. Hasan Mutawakkil A dihadiri oleh perwakilan PBNU, PW. Lesbumi dan 5 utusan PCNU (Kota Kediri, Kota Malang, Kota Surabaya, Kab. Situbondo, Kab. Bangkalan). Pada sambutannya KH. Mutawakil menyampaikan bahwa secara historis Resoulusi Jihad memang berawal di Jawa Timur, jadi sudah selayaknya kalau Kirab Resolusi Jihad yang akan dilakukan oleh PBNU diawali dari Jawa Timur. “Sudah Takdir Allah SWT Resolusi Jihad tercetus di Jawa Timur, bayangkan kalau Resolusi Jihad muncul pertama di Jawa Tengah, maka Kirab akan bolak balik start Jawa Tengah, Jawa Timur dan balik lagi kebarat sampai Jakarta” disambut tepuk tangan dan senyum oleh peserta rakor.

PBNU melalui korodinator Kirab Resolusi Jihad Ust. Aceng menyampaikan bahwa tahun ini PBNU memperingati hari santri nusantara dengan menggelar beberapa kegiatan yaitu :

  1. Kirab resolusi Jihad
  2. Apel Hari Santri
  3. 1 Milyar pembacaan Sholawat Nariyah
  4. Festival Film Santri
  5. Festival seni Budaya

PCNU sebagai kepanjangan tangan PBNU di tingkat kabupaten/kota akan berperan di tiga kegiatan yaitu Kirab Resolusi Jihan untuk daerah yang dilalui kirab, Apel Hari Santri dan Pembacaan 1 Milyar Sholawat Nariyah.

Sedangkan PWNU Jawa Timur dalam rangka peringatan hari santri nusantara tahun ini juga akan mengadakan kegiatan

  1. Sholawat dan dzikir
  2. Lomba-lomba : Cipta karya Pantun, Cipta karya Puisi, Orasi Kebangsaan, Essae Kebudayaan

Audisi Lomba akan dilaksanakan di 4 Lokasi, yaitu Situbondo (Tapal kuda), Kab. Malang (Malang Raya), Bangkalan (Madura), Kota Kediri (matraman). Dari masing masing zona akan dipilih 3 terbaik untuk kemudian ditampilkan pada puncak acara Hari Santri Nasional di Jawa Timur yang akan difokuskan di sekitaran Masjid Al-Akbar.

PCNU Kota Kediri pada Rakor tersebut ditunjuk untuk mempersiapkan Lomba tersebut untuk wilayah Mataraman yang meliputi Kabupaten Ngawi, Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Magetan, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Bojonegoro.  ” Jadual audisi untuk wilayah Mataraman oleh PWNU Jatim  di Kota Kediri dijadualkan 18 oktober 2016 tapi kami masih akan rapat harian dulu untuk mempersiapkan dan menentukan tempat lombanya sebab butuh persiapan yang matang “ kata Ahmad Kirom. Selain audisi lomba yang direncanakan pagi sampai sore, direncanakan malam harinya akan digelar Sholawat dan Dzikir Bersama yang akan dihadiri oleh PWNU Jawa Timur.

Perlu diketahui bahwa pasca presiden Joko Widodo (Jokowi),  menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015  menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, PBNU memperingatinya dengan berbagai macam kegiatan dan untuk tahun ini puncak acara akan dilaksanakan Apel Akbar Hari Santri Nusantara pada tanggal 22 Oktober 2016 di Kawasan lapangan Banteng – Jakarta. yud

About admin

Check Also

GELAR ISTIGHOTSAH, PCNU KOTA KEDIRI BERHARAP PILKADA DAMAI

KEDIRI | nukotakediri.or.id -Mewarnai tahun politik, dimana saat ini berlangsung kampanye dalam Pilkada Serentak, kemudian …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *